Dracoola Hosting Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Enkripsi Sederhana Menggunakan PHP

Di bidang kriptografi, enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus. Dikarenakan enkripsi telah digunakan untuk mengamankan komunikasi di berbagai negara, hanya organisasi-organisasi tertentu dan individu yang memiliki kepentingan yang sangat mendesak akan kerahasiaan yang menggunakan enkripsi.



Dalam kriptografi, sandi Caesar, atau sandi geser, kode Caesar atau Geseran Caesar adalah salah satu teknik enkripsi paling sederhana dan paling terkenal. Sandi ini termasuk sandi substitusi dimana setiap huruf pada teks terang (plaintext) digantikan oleh huruf lain yang memiliki selisih posisi tertentu dalam alfabet. Misalnya, jika menggunakan geseran 3, W akan menjadi Z, I menjadi L, dan K menjadi N sehingga teks terang “wiki” akan menjadi “ZLNL” pada teks tersandi. Nama Caesar diambil dari Julius Caesar, jenderal, konsul, dan diktator Romawi yang menggunakan sandi ini untuk berkomunikasi dengan para panglimanya.



Kali ini kita coba mengimplementasikan secara sederhana menggunakan PHP. Algoritmanya sederhana, karena kita hanya menggunakan fungsi ORD dan CHR. ORD adalah fungsi untuk mendapatkan nilai ASCII dari suatu karakter, sedangkan CHR adalah fungsi untuk mendapatkan karakter dari suatu nilai ASCII. Untuk referensi table ASCII, dapat dilihat dari table dibawah. Algoritma pada proses enkripsi yang akan kita pakai seperti ini :


  1. User memasukan kalimat yang akan di-encrypt User menentukan banyak nya geseran 
  2. Kalimat yang dimasukan, dipecah menjadi single character 
  3. Setiap Single Character, dicari nilai ASCII dengan menggunakan fungsi ORD Nilai ASCII yang didapat dari karakter tersebut di jumlahkan dengan banyak geseran yang sebelumnya ditentukan 
  4. Nilai ASCII yang telah ditambahkan dengan banyak geseran, dirubah kembali menjadi karakter Step diatas diulang sampai dengan kalimat beres, 
sehingga nilai output kalimat sudah merupakan hasil pergeseran / subtitusi.

Dengan script yang bisa di download disini, enkripsi untuk Caesar Chiper sudah bisa berjalan. Happy Coding 🙂

Enkripsi sederhana PHP dan Javascript menggunakan fungsi ORD dan CHR.

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.